Medieval 2: Total War (dvd)

Posted: November 27, 2008 in ReviewGame
Cover

Cover Game

Adalah game bergenre strategi buatan Creative Assembly. Game ini merupakan sekuel atau bisa disebut upgrade game terdahulunya yaitu Medieval Total War (cd). Bedanya di MTW 2 ini grafik dan gameplay-nya jauh lebih baik karena memang terdiri dari 2 dvd. Jika terinstall di komputer membutuhkan space hingga 11 GB.

Game ini masih menceritakan perang salib pada abad 12 di Eropa-sebagian Asia-sebagian Afrika yang melibatkan kerajaan-kerajaan seperti England, France, Holy Roman Empire, Byzantium Empire, Turkey, Moors, Egypt, Rusia, Spain, Portugal, dan masih banyak lagi. Dalam game ini anda diajak untuk membuat kerajaan pilihan anda menguasai Eropa dan merebut kota suci Jerussalem. Anda dapat membuat, mengorganisasi, dan memobilisasi pasukan untuk ekspansi wilayah tentunya dengan cara berperang. Selain itu kita juga dituntut untuk mengembangkan kota agar menghasilkan banyak duit untuk dana perang.

Untuk memulai game ini anda dapat memilih kerajaan yang ada. Kerajaan yang dapat dimainkan ada 21 kerajaan, tidak termasuk Mongol, Timurid, dan Aztec. Awal permainan kita hanya dapat memilih 5 kerajaan besar yaitu England, France, Holy Roman Empire, Spain, dan Byzantium. Namun jika kita telah menamatkan game (memenuhi winning condition) maka kita dapat memainkain salah satu dari 21 kerajaan yang ada. Ada dua winning condition dalam single campaign yang pertama short mission, kita wajib mempertahankan 15 wilayah dan menghancurkan salah satu kerajaan (tergantung pilihan kerajaan). Yang kedua long mission, kita harus mempertahankan 45 wilayah, menghancurkan salah satu kerajaan plus merebut Jerussalem.

Map di wilayah Byzantium

Map di wilayah Byzantium

Kita juga bisa membuat agen tertentu (tidak semua kota bisa tergantung building requirement-nya), seperti diplomat, imam/priest, spy, assasin, dan merchant. Diplomat dipergunakan untuk membuat aliansi, casefire, hubungan perdagangan, membayar upeti, dan lain sebagainya. Pemuka agama (imam/priest) berfungsi untuk meningkatkan persentase agama dalam suatu wilayah atau untuk membunuh dukun. Selain itu imam juga dapat memanggil Jihad sedangkan priest dapat memanggil Crusade. Assasin adalah agen untuk membunuh karakter yang tidak kita suka. Setiap pembunuhan ditampilkan video pendek yang lumayan menarik bagaimana cara pembunuhannya. Spy digunakan untuk mengintai pasukan/wilayah lawan. Gerakan spy juga ada video yang cukup lucu dan menarik. Sedangkan merchant berguna untuk mendapatkan duit dari nature resource tertentu dalam map.

Dalam battle campaign kita disuguhkan tombol navigasi yang friendly use sehingga tak perlu bingung lagi mengorganisasi pasukan. Ada beberapa formasi pasukan yang dapat di set sebelum perang, wedge formation, loose formation, dan formasi berbaris (saya lupa bahasa Inggrisnya). Sebelum perang kita juga bisa memilih cuaca, mau berperang dalam hujan, cerah, mendung, berangin, berkabut, ataupun bersalju. Ketika berperang kita juga bisa memainkan kamera hingga beberapa kali zoom. Bahkan langkah pasukan bisa kita dengar ketika kita zoom out pasukan kita. Setelah berperang kita disajikan statistik hasil peperangan, berapa yang mati, berapa yang tersisa, berapa kali membunuh, dan berapa yang sembuh.

Battle campaign yang cihuy

Battle campaign yang cihuy

Detail yang mantab

Detail yang mantab

Special Feature:

– Peta besar nan luas (grand campaign) mulai tahun 1080-1530

– Terdiri dari hingga 250 unit pasukan dan 21 kerajaan dengan kekuatan yang berbeda-beda

– Jihad untuk negara muslim dan Crusade untuk negara katolik

– Jalur perdagangan yang luas dan dapat berkembang dengan komoditas perdagangan yang beragam

– Karakter raja, anggota kerajaan, dan jenderal yang bermacam-macam

Plus Minus:

+/+ cerita menarik sesuai dengan sejarah, gameplay keren, grafik dan sound lumayan, gameplay yang cukup kompleks, battle campaign yang top abiezz, video assasin dan spy yang menarik.

-/- AI rada bego, detail kota tidak dapat dilihat, pasukan negara-negara Islam rata-rata cupu dan minus armor (ga’ adil), tahunnya kurang panjang jadi kurang puas, hehe..

Minimum requirement:

Windows 2000 / XP dengan DirectX 9.0c
1.5GHz Pentium IV, AMD Processor setingkat
512MB RAM
11GB HDD Space
128MB display resolution atau lebih
Sound Card (16-bit DirectX 9.0c compatible)
8x speed DVD-ROM Drive
Mouse dan keyboard
Broadband internet connection atau LAN untuk multiplayer

Rating: 94 (1-100)

Status: Highly recomended

Comments
  1. arifiosoneri says:

    Ini mah game favorite gw. Mantab abis.

    Kalo gw mah sering pake Turks.
    Masalah unit yang cupu, minus attack ato minus armor, itu semua dapat diatur. Tinggal diedit dikit aja. Beres. Bisa bikin Light Infantry jadi superman. 1 unit infantry bisa ngalahin 4 unit musuh. Archer yang ammo-nya gak abis plus nambah range and damage.

    Pokoknya ni game KEREN….. 95

    • miqoazura says:

      Setuju bgt bro,, memang game ini paling mantabs dan tergolong ga seberapa berat. sama saya juga maen pake turki biasanya, kavaleri panahnya itu cepat bgt. Klo saya ga pernah pake cheat ato edit2 gitu bro biar kemenangannya lebih maknyuss,,

  2. Ari says:

    Pake kerajaan islam bisa nggak?

  3. saiful says:

    mantap ni gan….
    klu mau main download or beli ni game-a….

  4. adit says:

    klw untuk windows7 cocok g bro?????????????

  5. Mugie says:

    gimna KK cara Ngelan game ini saya nemuin kbuntuan>_< nih PC 2 gak kedetect di list saya sementara dlm game saya (waiting for another layers) plisss kasih pencerahaann Kakaaaa

  6. maiky says:

    miqo mau nanya tentang cit nya ngerti ga ?

  7. Saya Desertion mlu Om waktu masuk Holy Crusade?Gmna caranya biar ga kena Desertion mlu?

  8. seven says:

    ada kurang nya ni game, yaitu pada multyplayer nya kurang seru abisnya langsung bettle tanpa membangun kota,membuat prajurit dan berebut-rebut kota dengan player lain,..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s