Di antara Makassar dan Jakarta??

Posted: December 29, 2008 in UpDate

Degg pless.. Itulah perasaan yang saya rasakan, perasaan bingung, sedih, susah, dan gembira ketika mendengar kabar burung mengenai kabar posisi diklat kami para magang’ers lulusan STAN di BPK pusat. Ada berita -tak tau darimana asalnya- kami para magang’ers akan melaksanakan diklat di Makassar kota di selatan Sulawesi. Ada perasaan lega mendengar berita tersebut karena akhirnya muncul juga kejelasan diklat kami yang dinanti. Ada juga sejumput perasaan senang karena saya pribadi belum pernah pergi ke Makassar. Menurut informasi dari kawan saya di Parepare- yang selalu ngaku-ngaku orang Makassar-, Makassar itu kota yang indah dan nyaman untuk dihuni. Mulai dari pantai Losari -yang selalu saya kira berada di Jawa Tengah-, makanan khasnya Coto Makacal, Cup Conro, Picang Ijo, dan masih banyak lagi. Atmosfer suporter sepakbolanya pun tak kalah dengan the Jak di Jakarta. Max-man julukan suporter PSM Makassar juga terkenal sangat fanatik. Inilah hal yang sangat saya sukai.

Namun di lain sisi saya begitu sedih mendengar berita tersebut. Ada sesuatu yang mengganjal di hati ketika harus jauh dari kota metro Jakarta. Kesibukan kota Jakarta -kecuali macetnya-, kemegahan bangunan-bangunan arsitektur modernnya, kelengkapan sarana fasilitasnya -kecuali angkotnya yang ruwet-, fasilitas pendidikan dan kesehatan yang sangat lengkap di seluruh penjuru negeri ini, mall-mallnya yang asik untuk dijelajahi, dan tempat-tempat wisata modern lainnya cukup membuat saya dan mungkin anda tersihir. Pernah ketika saya dinas luar (De EL) ke Jambi bersama Bu Chandra, dia mengomentari bahwa mungkin dia tidak akan sangup hidup meninggalkan Jakarta karena sudah terlanjur addict dengan semua yang ada di Jakarta. Mulai dari semua sarananya hingga kondisi sosialnya. Saya pun setuju dengan Bu Chandra, pendidikan dan kesehatan sangat lengkap di Jakarta sehingga tidak perlu bingung untuk melanjutkan kuliah semua jurusan tersedia di universitas-universitas lokal, mau cari yang negeri atau swasta, dengan harga murah atau dengan harga selangit. Atau yang ingin pergi berobat, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) dan Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) bisa menjadi pilihan utama.

Sebenarnya ada alasan klasik yang menjadi rintangan utama untuk meninggalkan kota Jakarta ini, yaitu perasaan berat meninggalkan “si dia” (baca: pacar). Setelah saya tahu ada kemungkinan (besar) untuk penempatan di luar Jakarta, saya sempat berjanji untuk merayakan anniversary satu tahun kami, tanggal 26 April bersama di suatu tempat yang spesial. Sebelumnya kami lulusan STAN dijanjikan untuk melakukan diklat bersama di Jakarta-di Kalibata tepatnya, selama 3-4 bulan mulai Januari hingga April 2009. Seaindainya kabar lokasi diklat itu benar, berarti saya harus mengecewakan si dia untuk kedua kali, pertama saya tidak jadi penempatan di Jakarta, kedua saya harus segera meninggalkan Jakarta lebih cepat karena harus diklat di Makassar. Tidak tega rasanya untuk menceritakan berita “buruk” ini. Biarlah saya menunggu saat yang tepat untuk mengabarinya.

Sebelum meninggalkan kota Jakarta ini dan mungkin tidak akan kembali -kecuali cita-cita saya terwujud menjadi Tortama AKN V atau menjadi ketua BPK- saya ingin melakukan beberapa hal di Jakarta yang selama 3 tahun lebih ini belum saya lakukan. Diantaranya adalah menonton pertandingan Persija di Gelora Bung Karno dengan memakai baju dan bergaya seperti the Jak, mengunjungi kota tua Jakarta di malam hari sambil nongkrong di warung kopi, mengunjungi TMII dan taman bunga Mekarsari bersama si dia, dan tentunya hal unik yang hanya ada di Jakarta ini yaitu naik kereta tapi duduk di atap, hehe.. tapi ini tidak mungkin dilakukan karena saya masih bisa berpikir logis akan resikonya. Akhirnya saya hanya bisa berdoa semoga berita “buruk” diklat di Makassar itu tidak terwujud dan tentunya saya amat sangat berharap agar penempatan nanti tak jauh-jauh dari Jakarta, Bandung atau Banten bolehlah 🙂, amin..

Leave a Reply

