Korupsi!!

Posted: January 5, 2009 in Korupsi vs Audit

Melirik salah satu banner di sisi kiri blog saya jadi teringat stiker yang saya dapat dari KPK pada acara kampanye anti-korupsi di kampus saya dulu. Design stiker ini simpel tapi tulisannya cukup menggelitik. Kalo tidak salah tulisannya: “Bokap gue tajir, tapi gak korupsi!! Kata-kata ini lumayan lama membekas di benak saya, meskipun orangtua saya tidak kaya -karena memang cuma seorang PNS- tapi sihir kata-katanya cukup mengingatkan kita bahwa janganlah bangga atas kekayaan orangtua apalagi itu hasil korupsi. Saya jadi teringat teman saya. Dia begitu membangga-banggakan kekayaannya, sekolah selalu membawa mobil, henpon selalu dengan merk terbaru. Eh, ternyata ujung-ujungnya bokapnya tersangkut masalah korupsi dan masuk penjara. Saya sebagai temannya saja malu apalagi anaknya sendiri.

[Sekali lagi saya melirik banner di kiri blog saya] Muncul di benak saya hasrat ingin membahas semua hal tentang korupsi (yang saya tau dan saya baca) segala tetek bengeknya dan taek ilernya. Saya sengaja membikin kategori khusus yang saya beri nama “Korupsi!!”. Sebagai posting awal saya ingin menulis tentang pengertian korupsi dari segi istilah dan bahasa.

Istilah “korupsi” berasal dari bahasa latin corruptio atau corruptus. Istilah corruptio sendiri memiliki kata asal corrumpere, suatu kata latin yang lebih tua. Dari bahasa latin itulah turun ke banyak bahasa di Eropa. Di Inggris disebut corruptioncorrupt; Perancis corruption; dan Belanda corruption (korruptie). Kemudian dari bahasa Belanda inilah kata itu turun ke bahasa Indonesia yaitu korupsi.

Arti harfiah dari kata korupsi adalah kebusukan, keburukan, kebejatan, ketidakjujuran, dapat disuap, tidak bermoral, penyimpangan dari kesucian, kata-kata atau ucapan yang menghina atau memfitnah; seperti yang dijelaskan dalam The Lexicon Webster Dictionary:

“Corruption (L. corruption (n-)) The act of corrupting, or the state of being corrupt: putrefactive decomposition, putrid matter; moral perversion; depravity, perversion of integrity; corrupt or dishonest proceedings, bribery: perversion from a state of purity; debasement, as of language; a debased form of a word” (The Lexicon 1978).

Kemudian arti kata korupsi dalam bahasa Indonesia adalah perbuatan yang buruk seperti penggelapan uang, penerimaan uang sogok, dan sebagainya. Kata korupsi juga berarti penyuapan dan/atau pemalsuan, penyelewengan atau penggelapan uang negara atau perusahaan sebagai tempat seseorang bekerja untuk keuntungan pribadi atau orang lain.

Pada dasarnya korupsi memiliki makna yang sangat luas tidak hanya sempit melulu mengenai uang atau harta benda. Sehari-hari kita mengenal ada istilah korupsi waktu, korupsi politik, korupsi hati nurani, korupsi ilmu pengetahuan, dan sebagainya. Oleh karena itu tepat seperti yang dipaparkan dalam Encyclopedia Americana, bahwa korupsi itu adalah suatu hal yang buruk dengan bermacam ragam artinya, bervariasi menurut waktu, tempat, dan bangsa.

Sumber: Andi Hamzah. 1991. “Korupsi Indonesia: Masalah dan Pemecahannya”.


Comments
  1. ellink says:

    cie yang ngebahas KTTA nya……
    gmana di Makassar???
    sori gak bisa kesana, ujan mulu gw jadi jatuh sakit nii
    hiks…

  2. shavaat says:

    kata orang, korupsi itu seperti cintanya orang bisu; ada, nyata, tapi sulit untuk diungkapkan.
    Ayo Ko, buktikan. Calon auditor ini…
    H2

  3. Kaimun says:

    Korupsi kayaknya dah budayanya orang sini, merubah budaya butuh proses yang lama sekali.

  4. miqoazura says:

    @ellink: iya ril blajar nulis neh
    @shavaat juna: bukan calon lagi ris,tp udah praktek,hehe
    @pak kaimun: itulah masalahna pak..sampe kapan??

  5. Loy78 says:

    Somehow you are not showing any sceptic attituge towards the bullshit you read from the blogs of the deniers. ,

  6. tran putra says:

    terimah kasih

  7. agung says:

    kalau anda tidak setuju didirikannya masjid diatas tanah yang dalam perencanaan awalnya diperuntukkan sebagai playground buat main anak-anak berarti anda termasuk sebagai orang yang tegar memerangi korupsi

  8. jangkrik says:

    thanks infonya tentang korupsi kawan,sangat bermanfaat untuk saya yang sedang mencari artikel tentang korupsi😀
    STOP KORUPSI dan SUAP di Indonesia

Leave a Reply

