Seandainya ada TV Champion di Indonesia

Posted: December 4, 2010 in Renungan

TV Champion (TVチャンピオン Terebi Champion) is a Japanese television variety show produced by TV Tokyo. The show challenges competitors with various talents in an array of tasks in order to crown one “King” of their ability. Episodes have focused on talents like Origami, Legos, and cooking fake food. TV Champion premiered on 16 April 1992 (20:00-20:54) as a 1 hour show, but was extended to a 90 minute format in 1993 (19:30-20:54). (Wikipedia.com)

Ya salah satu acara favorit saya. Bagi yang belum tau apa itu TV Champion, saya googling-in sejenak dan menemukan link di atas Wikipedia.com. TV Champion merupakan salah satu acara di MNC TV (dulu TPI) yang hak siarnya dibeli dari TV Tokyo. TV Champion menampilkan pertarungan para juara masing-masing bidang, mulai origami, Lego, menyusun kartu, mengiris sushi, membuat mochi, memancing, jasa pindah rumah, dan masih banyak lagi. Kebanyakan TV Champion menampilkan orang, kelompok, maupun perusahaan baik besar maupun kecil kemudian dipertemukan dengan kompetitornya dan bersaing untuk mendapat predikat “Raja” di bidang keahliannya. TV Champion pertama kali tayang di Jepang pada 16 April 1992 dengan durasi 60 menit, kemudian pada tahun 1993 diperpanjang menjadi 90 menit.

Salah satu episode TV Champion yang saya suka adalah Tsumi, sederhananya yaitu perlombaan menyusun benda kecil setinggi mungkin. Dalam suatu stage, dua peserta bersaing menyusun ratusan dadu menjadi tiga tingkat piramida. Dan pesertanya tidak main-main, mereka dengan serius menyusun ratusan dadu tersebut dalam 3 hari. Meski perlombaannya hanya sepele, tapi orang Jepang itu dengan giat menyusun dadu sampe menjadi tiga tingkat. Susunan dadu roboh berkali-kali karena pondasi tidak kuat, kesenggol tangan, sampai karena nafas sendiri. Saya lihat pekerjaan tersebut butuh ketelatenan yang amat sangat. Dengan niat,keuletan,kesabaran, dan profesionalitas yang tinggi akhirnya salah satu dari peserta berhasil mendirikan ratusan dadu dengan sempurna.

Tsumi

Tsumi

Episode lain TV Champion melombakan Hikkoshi, sederhananya yaitu perlombaan perusahaan jasa pindah rumah. Dalam salah satu stage masing-masing wakil dari perusahaan membungkus barang pecah-belah serapi mungkin diusahakan aman dari goncangan maupun bantingan. Perlombaan ini juga mewakili nama perusahaan masing-masing sehingga mereka bekerja sungguh-sungguh dengan serius dan professional sesuai dengan keahlian mereka. Barang pecah-belah yang sudah di-pack dalam kardus dijatuhkan dari ketinggian 5 meter sebagai perbandingan ketinggian rumah dua lantai di Jepang. Apabila isi kardus tidak pecah atau pecahnya paling minimal maka perusahaan itu menang.

Hikkoshi

Hikkoshi

Seandainya ada TV Champion di Indonesia. Sudah rahasia umum pelayanan perusahaan di Indonesia kurang memperhatikan aspek profesionalitas. Terkadang perusahaan besar pun tidak memberikan pelayanan optimal pada pelanggan, apalagi perusahaan lokal yang skalanya kecil. Seandainya ada TV Champion di Indonesia, kita bisa lihat seahli apa mereka atau seprofesional apa mereka sehingga kita tidak susah mencari alternatif perusahaan yang kita butuhkan.

Berdasarkan pengalaman pribadi, saya melihat beberapa perusahaan khususnya perusahaan lokal memiliki Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) yang usahanya banyak sekali, mulai perdagangan bahan bangunan, mekanikal, elektrikal, ATK, komputer, alat kesehatan, farmasi, perlengkapan kepegawaian, alat berat, cleaning service, kontraktor dan masih banyak lagi. Bagaimana kita bisa melihat keahlian perusahaan tersebut apabila perusahaan tidak fokus pada salah satu pekerjaan. Perusahaan tersebut kadang membuat baju kadang membuat bangunan, kadang beli kertas @Rp30ribu kadang beli alat kesehatan @Rp2M. Sangat dipertanyakan sekali keahlian dan kredibilitasnya. Seandainya ada TV Champion di Indonesia pasti perusahaan tersebut sudah kalah dari awal. Karena jangan-jangan mereka mengepak dan menyimpan alat kesehatan yang nilainya Rp2M sama seperti mengepak dan menyimpan kertas Rp30ribu. Jadi susah konsumennya. Ya semoga saja ada stasiun TV di Indonesia yang mau membeli lisensi TV Champion dan membuat format acara seperti TV Champion. Dengan begitu, perusahaan-perusahaan yang di Indonesia tidak main-main dalam melakukan usahanya dan kita tahu bahwa perusahaan tersebut memang ahli di bidangnya.

Sumber: Link resmi TV Champion http://www.tv-tokyo.co.jp/tvchamp/ , Wikipedia http://en.wikipedia.org/wiki/TV_Champion , Kaskus http://www.kaskus.us/showthread.php?t=939827

sukma, cilegon, 4 desember 2010

Comments
  1. niodido says:

    aku juga suka acara itu,,tapi sayang sekarang kayaknya udah gak tayang,,padahal bagus lo,,ratingnya rendah kali ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s