PhotoHunt: Kuncup Kering

Posted: July 1, 2012 in PhotoHunt
Tags: , , ,

Sore, 30 Juni 2012 saya sedang iseng hunting sekitaran komplek kampung di Warung Pojok, Serang. Kebetulan saya sedang menunggu kerjaan percetakan bikin x-banner outlet saya yang lamanya minta ampun. Melirik ke tanah lapangan yang “dipaksa” menjadi tempat pembuangan sampah, saya melihat obyek menarik. Sebuah tumbuhan dengan bunganya yang masih kuncup telah kering namun masih bisa berdiri kokoh. Sekilas tumbuhan ini mirip tumbuhan terlarang, Papaver somniferum L. alias opium, meski itu tidak mungkin. Perkiraan saya ini adalah tumbuhan semacam ilalang yang mati dan kering karena sampah di sekitarnya.

Sedikit mencari sudut yang tepat sambil menon-aktifkan mode autofocus (AF) kemudian membidik tumbuhan yang mirip opium ini. Saya sengaja menon-aktifkan mode autofocus agar saya lebih leluasa mengatur fokus obyek dengan depht of field (DOF) yang saya inginkan. Lensa yang saya gunakan adalah Canon EF 50mm f/1.8 II, yap prime lens murah meriah. Parameter lensa yang saya gunakan adalah ISO 200, focal length 50mm, aperture f/2.8,  exposure 1/60 sec. Saya tidak mempergunakan flash built-in karena cahaya akan terlalu keras pada obyek.

Finishing saya lakukan dengan Adobe Photoshop Lightroom 4 dengan preset andalan saya🙂

“Kuncup Kering”    by M. Azra | June 2012 | Canon EOS 600D | EF 50mm f/1.8 II

Leave a Reply

